Komputer Tercepat di Dunia

Tampaknya saat ini teknologi semakin terdepan, ditambah dengan negara – negara yang tampaknya sedang berkompetisi untuk bisa menghasilkan komputer tercepat. IMB dan departemen Energi Oak Ridge National Laboratory memamerkan salah satu komputer tercepat yang dinamakan Summit.

Kompiter ini memiliki kemampuan untuk mengolah data mencapai 200.000 quadrillion kalkulasi perdetik. Diibaratkan kalau setiap manusia melakukan 1 kalkulasi perdetiknya, akan membutuhkan waktu hingga 305 hari agar dapat menyamai kemampuan dari Summit yang hanya membutuhkan waktu satu detik.

Kalau akurasi itu tepat, Summit menjadi super komputer tercepat yang ada di dunia. Perancangan dari Summit sudah dilakukan beberapa tahun lalu dengan cara menanamkan beberapa fitur yang impresif.

Akan ada 4.608 server komputasi, 22 chip IBM power9, dan 6 kartu grafis Nvidia Tesla V100 yang melengkapi Summit. Mesinnya bahkan akan dibekali dengan penggunaan 10 petabytes memori.

Mesin Nvidia sendiri diperuntukan untuk pengembangan dari kecerdasan buatan manusia dan juga untuk riset energi serta proyek ilmiah lain yang dilakukan kota Oak Ridge.

IBM sendiri memang merupakan kontraktor umum untuk departemen Energi dalam merancang Summit. Tetapi proyek ini juga mendapatkan bantuan dari mitra insdustri teknologi lain.

Pastinya, selain mengembangkan Summit, terdapat superkomputer lain yang sedang dikembangkan. Tetapi diakui kalau kekuatannya tidak sampai segahar yang Summit miliki. Super komputer ini bernama Sierra yang digunakan pada laboratorium laurence livermore national laboratory dengan kecepatannya yang mencapai 125 petaflops.

Lalu ada apa saja komputer tercepat yang ada di dunia lainnya untuk saat ini? Berikut ini adalah beberapa komputer tercepat yang ada di dunia pada saat ini.

Super Komputer di Dunia

1.Tianhe-2, China

Pertama adalah Tianhe-2 yang merupakan penerus dari Tianhe-1A. Komputer ini berhasil mencatat rekor dengan peformanya yang mencapai 33,86 petaflop. Tianhe-2 sendiri menggunakan prosesor Intel Xeon arsitektur Ivy Bridge dan Intel Xeon Phi dengan total inti sampai 3,12 juta. Daya yang dibutuhkan komputer ini adalah 17,808 KW dan jika secara teori dapat mencapai kecepatan 54,9 petaflop.

2.Titan, Amerika Serikat

Sebelum adanya Tianhe-2, Titan sempat menjadi komputer tercepat di dunia.  Dengan kecepatan proses 17,6 petaflop, sistem dengan CPU berbasis AMD Cray dan GPU Nvidia ini memiliki total inti 560,640 inti. Bisa dikatakan komputer ini hemat daya, karena ia berada pada posisi ketiga sebagai komputer paling hemat daya dan menggunakan 8.209 KW.

3.Sequoia, Amerika Serikat

Perangkat ini digunakan oleh perusahaan nuklir di Amerika Serikat untuk melakukan simulasi umur dari senjata nuklir. Perangkat berbasis Blue Gene/Q ciptaan IBM ini memiliki hampir 1,6 juta inti prosesor dan bisa menyentuh kecepatan 17,2 petaflop.

4.K Computer, Jepang

Komputer tercepat saat ini berikutnya adalah komputer yang dikembangkan oleh Fujitsu, K Computer. Ia dapat menghadirkan kecepatan hingga 10,5 petaflop dengan 705.024 inti sparc.

5.Mira, Amerika Serikat

Sepertinya Amerika Serikat memiliki banyak super komputer di negaranya, salah satunya adalah Mira. Komputer ini menggunakna sistem Blue Gene/G milik IBM dengan 786.432 inti untuk bisa mencapai kecepatan 8,6 petaflop.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai Super komputer yang merupakan komputer tercepat di dunia. Hingga kini semakin berkembang secara luas komputer – komputer lain yang juga berhasil mencatatkan rekornya menjadi komputer cepat. Semoga kedepannya komputer akan semakin berkembang dan semakin baik dalam membantu kinerja manusia.

Wasere Written by:

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *