Komponen dalam CPU dan Fungsinya

Setiap komputer pasti memiliki CPU yang berguna untuk menjalankan suatu komputer itu. Tanpa adanya CPU, komputer tidak dapat berjalan dengan lancar atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali. Itu karena CPU atau Central Processing Unit merupakan suatu Induk dari pusat pemprosesan data dari perangkat komputer. Sementara pada unit CPU, ada beberapa komponen yang saling terhubung dan penting untuk memproses suatu data dari perangkat komputer.

CPU memiliki komponen – komponen dengan fungsinya masing – masing, berikut ini adalah beberapa komponen tersebut.

Komponen CPU

1.Casing CPU

Mari kita awali dari bagian paling luar CPU, yaitu Casing-nya. Biasanya casing ini terbuat ari besi, stainless, dan lainnya. Guna dari casing ini adalah untuk dapat melindungi beragam komponen yang ada di dalam CPU. Tentunya ini bisa untuk melindungi dari debu, panas, air, dan hal lain yang dikhawatirkan bisa mengganggu kinerja dari CPU itu sendiri.

2,Motherboard

Kedua ada Motherboard yang merupakan media penghubung pada setiap komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi dengan komponen lain. Pada tiap motherboard ada acuan spesifikasi yang berbeda. Seperti spesifikasi processor apa yang bisa tertanam dan didukung oleh motherboard itu serta seberapa besar kapasitas maksimal dari RAM yang didukung oleh motherboard itu.

3.Processor

Processor merupakan suatu komponen inti yang jika tidak ada ini, maka komputer tidak bisa bekerja sama sekali. KArenanya banyak yang menyebut kalau processor merupakan otak dari komputer. Semua proses atau perintah akan dikerjakan di processor meski masih dibantu dengan komponen lain. Semakin tinggi kecepatan dari processor, maka akan semakin cepat juga komputer mengolah data.

4.Kipas Processor

Sesuai dengan namanya, kipas processor berguna untuk mendinginkan processor agar suhunya tetap terjaga dan stabil. Ini memiliki tujuan agar perangkat komputer tidak cepat overheat ataupun rusak.

5.RAM

Berikutnya ada RAM yang merupakan komponen penting untuk komputer. Komponen ini bekerja sebagai tempat untuk menampung data sementara yang sudah diproses oleh prcessor sebelum nantinya akan dilanjutkan ke komponen lainnya.

RAM juga bisa dianti ke kapasitas yang lebih besar atau kecil, tetapi ini juga harus sesuai dengan kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboardnya. Sebesar apapun memori RAM, tapi kalau tidak didukung oleh motherboard maka bisa membuatnya tidak terbaca oleh suatu perangkat komputer.

6.Hardisk – HDD

Seperti sebuah SD Card, hardisk juga memiliki fungsi untuk menyimpan beragam data dan penyimpanan sistem operasi pada suatu perangkat komputer. Biasanya digunakan untuk perhitungan byte dan semakin besar, maka akan semakin banyak data yang bisa disimpan.

7.CD/ DVD ROM

Alat yang juga biasa sebut optical disk drive ini digunakan untuk menulis dan juga membaca kaset atau kepingan CD/ DVD. Selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk memburning atau mengcopy CD dengan menggunakan beragam software seperti Nero, Infra recorder, dan lainnya.

8.VGA Card

Komponen yang juga dirasa penting untuk kompter adalah VGA Card yang memiliki fungsi sebagai pengolah data grafis sebelum nantinya akan ditampilkan pada layar monitor. Jika tidak ada alat ini, maka layar monitor tidak akan menampilkan apa – apa.

9.Sound Card

Soundcard memiliki fungsi untuk pengolah audio di komputer. Sinyal analog atau digital bisa menghasilkan suara di sistem komputer. Soundcard juga memiliki fungsi untuk mengontrol audio yang ada di perangkat komputer.

10.Power Supply

Yang akan kami bahas terakhir adalah power supply, bagian CPU yang merupakan pembagi daya di setiap komponen komputer. Selain itu power supply juga bisa merubah tegangan DC menjadi AC sebelum dialirkan pada setiap komponen komputer itu.

Semoga informasi mengenai komponen CPU ini bermanfaat untuk Anda.

Wasere Written by:

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *