Selain akurasi pengetikan dan nuansa keyboard mekanis yang lebih presisi, salah satu dari banyak keuntungannya adalah kemudahan untuk dibersihkan. Dengan menggunakan penarik kunci biasa (yang menyerupai penjepit kecil), Anda dapat melepas kunci untuk pembersihan menyeluruh. Berikut adalah cara yang tepat untuk menjaga mechanical keyboard Anda tetap bersih. Anda harus membersihkan keyboard Anda dengan ringan secara teratur.

Mencegah akumulasi kotoran itu penting, dan bahkan lebih penting lagi jika Anda makan di sebelah keyboard Anda. Seiring waktu, debu dan makanan sebagian akan menyatu dengan pelat logam dicat yang menopang setiap sakelar tombol. Itu buruk dan tidak nyaman, karena partikel harus disingkirkan setelah menempel. Ada beberapa cara untuk menjaga mechanical keyboard tetap bersih, tetapi mari kita lihat teknik pembersihan sederhananya terlebih dahulu.

Cara Menjaga Mechanical Keyboard Tetap Bersih

Direkomendasikan agar Anda melepaskan keyboard setiap kali Anda akan melakukan pembersihan apa pun untuk menghindari penekanan tombol yang tidak disengaja, meletakkan kabel, antara lain. Untuk pembersihan sederhana, pada dasarnya Anda hanya menghilangkan debu, remah-remah, rambut, atau kotoran lain yang mengendap di permukaan keyboard, dan di bawah penutup tombol.

Anda dapat menggunakan peniup udara sederhana untuk alexis meniup partikel atau melonggarkan puing-puing yang mungkin telah mengendap. Sekarang, goyangkan keyboard dengan lembut setelah membalikkannya juga akan membuat puing-puing lepas jatuh dari permukaan. Anda juga disarankan untuk ekstra hati-hati saat menggunakan udara bertekanan dari kaleng, karena ada kasus yang dapat menyebabkan pembentukan kondensasi yang dapat merusak beberapa bagian logam pada keyboard.

Anda juga dapat menggunakan sikat pembersih untuk menghilangkan partikel yang menempel di bawah penutup tombol atau sudut yang sulit dijangkau. Untuk menghilangkan noda dan noda keringat, terutama pada tombol atau sandaran tangan keyboard, gunakan kain lembab yang bersih untuk menyekanya. Dan itu cukup dalam hal pembersihan sederhana.

Ini mungkin tidak cukup jika Anda tidak membersihkan keyboard selama berbulan-bulan, tetapi proses pembersihan sederhana sudah cukup untuk membuatnya terlihat rapi. Kami sangat menyarankan mengikuti proses pembersihan sederhana seperti ini setidaknya sekali setiap minggu untuk menghindari akumulasi partikel debu, makanan, rambut, dan kotoran lainnya dari waktu ke waktu.

Sekarang, jika Anda adalah seseorang yang sudah lama tidak membersihkan keyboard, atau Anda secara tidak sengaja menjatuhkan makanan atau apa pun yang tidak seharusnya daftar akun dijatuhkan pada keyboard, maka inilah saatnya untuk pembersihan mendalam. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus keycaps dari papan.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan penarik keycap, yang keren yang biasanya dibundel dengan banyak keyboard. Keycaps harus mudah lepas tanpa harus menggunakan kekuatan yang berlebihan. Berhati-hatilah saat menghapus tombol yang lebih besar seperti Spacebar, Enter, Backspace, dll. Karena mereka cenderung memiliki stabilizer untuk dukungan.